About

Tuesday, November 21, 2017

Gunung Agung semburkan asap, warga diminta menjauh dari zona bahaya




PELANGICASINO - Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Devi kamil Syahbana mengatakan Gunung Agung di karangasem  Bali mengeluarkan asap tebal pukul 17.05 WITA , Selasa (21/11) .

semburan asap bertekanan sedang dengan warna kelabu tebal dengan ketinggian maksimum sekitar 700 meter di atas puncak.
"Abu letusan bertiup lemmah ke arah Timur -Tenggara , Letusan masih terus berlangsung," kata Devi dalam keterangan terulis .
Masyarakat diminta tetap tenang dan senantiasa mengikuti rekomendasi PVMBG dalam Status Level III (Siaga).
Dia menerangkan, rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Agung dan wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona berbahaya , yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari kawah puncak gunung.
selain itu ditambah perluasan sektoral ke arah Utara , Timur Laut dan Tenggara - Selatan -Barat Daya sejauh 7,5 km .Zona bahaya sifatya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu -waktu , mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung agung yang paling aktual.
Sementara itu informasi dari sejumlah masyarakat yang berada di kawasan dekat Gunung Agung mengaku tidak mengetahui adanya tanda gunung meletus , bahkan tanda bunyi sirine juga tidak ada .
" Hoax atau gimana ini Pak , Tidak ada bunyi tanda gunung meletus , seharian hujan, tidak ada gempa yang keras, juga belum dapat kami soal itu," ungkap Ngakan di Rendang karangasem , Bali



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates